Kamis, 20 Juli 2017

Penyebab dan Cara Mengatasi Pompa Air Selalu Minta Dipancing


Beberapa orang terkadang pernah mengalami masalah pada pompa air yang selalu minta dipancing dulu agar dapat menghisap airAda juga orang yang membiarkan masalah ini dan tidak tahu cara mengatasinya. Akan tetapi,bisa sangat merepotkan apabila kebutuhan air sudah mendesak pasti akan membuat situasi makin menjengkelkan.

Ada beberapa analisa yang dapat dilakukan ketika mendapati mesin pompa air anda tiba-tiba saja macet tidak bisa mengeluarkan air dan harus dengan dipancing baru bisa menghisap air. 

Penyebab pompa harus dipancing

Kerusakan yang mengakibatkan pompa air harus dipancing adalah adanya kebocoran pada rangkaian pipa hisap sehingga mengakibatkan volume air yang semestinya selalu penuh didalam jalur pipa hisap menjadi kosong. Karena kekosongan ini menyebabkan impeller kekurangan air dan kevakuman menjadi menurun sehingga kemampuan pompa untuk menghisap air semakin berat.
Sebenarnya untuk pompa yang masih bagus dan terpasang sesuai dengan spesifikasi ada yang mampu menghisap air meskipun kondisi pipa hisap kosong namun tentu saja memerlukan waktu yang agak lambat sampai kondisi pipa hisap terisi sedikit demi sedikit.
Akan tetapi jika kebocoran terjadi pada area pipa yang berada di atas permukaan air sudah mutlak bahwa pompa tidak akan sanggup untuk menghisap air meskipun dipancing kecuali jika kebocorannya sangat kecil dan masih bisa terkalahkan oleh daya hisap pompa.
Namun dari kebanyakan kasus, masalah pompa yang minta dipancing adalah bersumber dari tusen klep/foot valve yang bocor karena posisi klep yang sudah tidak presisi ataupun karena ada material/kotoran yang mengganjal dudukan klep.

Cara mengatasinya

Langkah perbaikan satu satunya adalah dengan cara melepas rangkaian pipa hisap untuk dilakukan pemeriksaan setiap sambungan dan memastikan keadaan tusen klep/foot valveSolusinya adalah dengan membersihkan tusen klep/foot valve tersebut atau kalau memang sudah rusak mesti diganti dengan tusen klep/foot valve yang baru.

Untuk menghindari permasalahan di atas, saya sarankan anda untuk membaca artikel Tips Memilih Pompa Air Sebelum Membeli.
 
Copyright © 2018 | Best View Using Google Chrome @1440x1080 Jasa Sumur Bor Air Tanah