Selasa, 24 Juli 2018

Cara Mudah Mencari Titik Sumber Air Tanah Sumur Bor


Mencari sumber air khususnya air tanah untuk sumur bor harus dilakukan dengan teknik yang tepat, hal ini bertujuan agar upaya pengeboran bisa memperoleh hasil mengecewakan. Seringkali saat melakukan pengeboran terjadi kegagalan tidak dapat menemukan sumber air meskipun pengeboran tanah sudah dilakukan hingga kedalaman 30 meter hanya karena perencanaan awal yang salah.

Sumur bor merupakan salah satu cara untuk  mendapatkan sumber air tanah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat karena selain cukup mudah mendapatkannya, memiliki sumber air sendiri akan lebih nyaman dan bebas dalam penggunannya sepanjang waktu, dibandingkan jika sumber air berasal dari PDAM yang diharuskan membayar bulanan untuk air yang digunakan.

Sebelum mempelajari tentang bagaimana cara menentukan titik sumber air, sebaiknya dipahami terlebih dahulu cara memilih lokasi sumur yang baik untuk sumber air bersih.

Pemilihan Lokasi Sumur Yang Baik

  • 1. Tidak berdekatan dengan wc, toilet, kamar mandi dan saluran air kotor agar tidak terjadi kontaminasi saluran pembuangan dengan jaringan sumur air tanah.
  • 2. Jarak yang tepat untuk memisahkan antara lubang sumur air yang akan dibuat dengan area resapan toilet yang terdekat yaitu minimal 5 meter jika tanah di sekitar lokasi tanah liat dan minimal 7,5 meter jika tanah disekitarnya berpasir.
  • 3. Untuk sumur bor hendaknya dipasang pipa Cassing mulai dari permukaan tanah hingga kedalaman air, hal ini bertujuan untuk menghindari resapan dari air permukaan tanah dan merusak kualitas sumber air bersih.
Selanjutnya adalah beberapa metode atau cara untuk mencari titik sumber air tanah dengan alat alat sederhana yang bisa anda lakukan sendiri.

Mencari Titik Sumber Air Tanah dengan Menggunakan Garam


Letakkan satu hingga dua genggam garam dapur dilokasi tanah yang akan dibor pada malam hari kemudian ditutup rapat dengan kaleng yang ditengkurapkan selama 7 hingga 8 jam. 

Sebaiknya membuat titik uji coba lebih dari satu tempat agar keesokan harinya dapat dipilih mana lokasi yang paling tepat dan sesuai dengan yang diinginkan.

Setelah pagi hari perhatikan garam yang telah diletakkan dan amati titik mana yang menyisakan garam paling sedikit atau bahkan sampai habis yang artinya di situlah titik yang paling potensial untuk memperoleh sumber air bersih.

Mencari Titik Sumber Air Tanah dengan Menggunakan Daun Pisang


Ambil beberapa lembar daun pisang dan letakkan pada beberapa titik yang akan dibor ata digali pada sekitar jam 9 atau jam 10 malam. Pagi harinya anda lihat embun yang menempel pada bagian bawah daun pisang tersebut. Semakin banyak embun yang menempel pada daun maka semakin banyak debit air bawah tanah tersebut.

Namun jika daunnya tetap kering berarti tidak ada sumber air tanah dibawah daun tersebut. Jadi anda harus mencari lokasi lain sampai tepat dan barulah melakukan pengeboran air tanah. Cara ini sebenarnya adalah menggunakan teknik analisa kelembaban.

Dari kedua cara diatas memang tidak ada kajian yang dapat memberikan kepastian dan ketepatan yang sempurna. Namun setidaknya telah banyak dilakukan oleh para tukang sumur bor yang memiliki pengalaman dengan metode tersebut dan memperoleh hasil yang memuaskan.

Posting Komentar

 
Copyright © 2018 | Best View Using Google Chrome @1440x1080 Jasa Sumur Bor Air Tanah